Senin, 16 November 2015


Seringkali kita mengalami keadaan seperti menemukan artikel menarik yang anda temukan di web tapi tidak dapat membacanya karena kesibukan yang kita miliki, atau menemukan referensi menarik dan ingin membacanya dilain waktu.

Jika anda sering mengalami kejadian diatas beberapa tools ini mungkin akan memberikan kemudahan untuk anda dalam menyimpan artikel – artikel tersebut yntuk dikumpulkan dalam satu tempat tanpa harus pusing mencari – carinya lagi.

Berikut ini adalah 6 tools web clipper yang bisa kau pilih :




Ini adalah salah satu tool favorit yang paling sering digunakan. Bukan karena tool clipper terbaik, tapi karena Pocket adalah yang pertama membuka layanan seperti ini (saat itu masih bernama Read it Later).

Karena yang pertama, banyak para pengguna internet lebih banyak menggunakan Pocket. Pocket tersedia dalam versi Web, Kobo, Android, iPhone dan iPad.

Jika anda ingin menggunakan Pocket, cukup daftarkan diri lalu install add-on Pocket di browser yang anda miliki.


Setelah itu kapanpun anda menemukan artikel menarik, langsung saja icon Save to Pocket.




Berbeda dengan Pocket yang focus untuk mengumpulkan artikel menarik yang ditemukan di web, Evernote memiliki lebih banyak fungsi.

Evernote bisa untuk menyimpan dan membuat catatan, menyimpan dan mengubah halaman web, serta mengumpulkan hamper berbagai hal menarik yang bisa ditemukan secara online.
Pocket untuk mengumpulkan artikel menarik untuk dibaca dan dipelajari dilain waktu, setelah dipelajari kemudian kita simpan di Evernote, mengedit halaman untuk menyimpan poin penting dan menambah beberapa note didalamnya.

Untuk memulai menyimpan halaman menarik yang ditemukan online di Evernote, tinggal install add-on browser Evernote web clipper.


Selain versi web, Evernote juga tersedia bagi Windows desktop, Modern Apps Windows, Android, Mac, dan iOS. 




Dari segi tampilan dan fitur, mungkin Readability adalah yang paling “sederhana”. Tapi untuk ditugaskan menyimpan artikel menarik dan dibaca lain waktu, Readibility sudah cukup mumpuni.

Faktanya, add-on Readability bisa digunakan untuk membuat tampilan web menjadi bersih dan nyaman dibaca.


Untuk menggunakan Readibility cukup mendaftar dan menginstall add-on browsernya disini.




Sama seperti Evernote, OneNote juga cocok digunakan untuk menyimpan catatan dan berbagai hal menarik yang ditemukan di web. Untuk menggunakannya hanya perlu menginstall add-on OneNoteClipper. 

Setelah itu ketika menemukan halaman web yang menarik, tinggal clip saja untuk disimpan di OneNote.

Fitur web clipper OneNote ini lebih fleksibel daripada yang lainnya, karena selain menyimpan halaman penuh. Juga bisa memilih area tertentu saja, atau bahkan artikelnya saja.

Jadi bagi pengguna Windows dan Windows Phone, OneNote merupakan pilihan yang tepat untuk menyimpan artikel menarik yang kamu temukan di dunia maya.

Hanya saja sama seperti Evernote, tampilan artikel yang disimpan di OneNote tidak bisa secantik dan senyaman Pocket, Readability, dan Instapaper saat dibaca ulang.




Sama seperti Pocket, hanya saja secara tampilan lebih simple. Jika Pocket mengkategorikan artikel berdasarkan tags, maka Instapaper ini berdasarkan folder.

Untuk menggunakannya dengan menginstall add-on browser, atau menggunakan bookmarklet yang sudah disediakan.



Microsoft Edge


Ini adalah satu-satunya browser yang ada di daftar tools ini yang bisa digunakan untuk menyimpan daftar artikel menarik yang ditemukan dalam Reading List.

Jadi ketika menggunakan Microsoft Edge dan menemukan artikel yang menarik, artikel bisa disimpan dalam Reading List.

Sayangnya Reading List di Edge ini masih tidak bisa diakses secara offline, meskipun ada rencana dari Microsoft untuk menambahkan fitur Offline Reading di Microsoft Edge.

Selain fitur Reading List, ada juga Read Mode yang bisa dimanfaatkan untuk membaca halaman web dengan lebih enak dan nyaman di mata.

 Sumber : Winpoin

0 komentar:

Posting Komentar

Join Us!

Chat Here!!!

Popular Posts