Senin, 16 November 2015


Untuk yg belum tahu apa itu Driver, singkatnya driver adalah software untuk menghubungkan  hardware dengan Windows.


Apakah Update Driver itu Penting?

Pada dasarnya, saya menyarankan untuk tidak sembarangan melakukan update driver kecuali memang diperlukan. Misalnya, Driver untuk card reader built-in di komputer bekerja dengan baik, maka tidak perlu melakukan update driver untuk hardware tersebut. Bahkan ketika manufacture merilis driver versi terbaru, mungkin tidak akan terlihat perbedaannya. Tidak ada alasan untuk melakukan update driver versi terbaru, jika semua hal yang ada dalam komputer bekerja dengan baik.

Tapi untuk kondisi tertentu, misalnya para gamer yang ingin driver grafisnya tetap update untuk memastikan kinerja grafis tetap baik dan menyesuaikan dengan game baru. Contoh lain, update driver diperlukan jika sistem oprasi tidak mendukung driver lama  sehingga device tidak bias digunakan.


Update Driver Hardware dengan Windows Update

Pada Windows 10, Windows Update akan secara otomatis mendownload dan menginstall driver terbaru. Dalam Windows 7 dan Windows 8 sebenarnya Microsoft juga menyediakannya lewat Windows Update, tapi Microsoft lebih memprioritaskan Windows 10. Itu semua terjadi secara otomatis, bahkan jika driver terinstall secara manual, Windows akan secara otomatis menggantinya dengan versi terbaru jika tersedia.


Karena semua dilakukan secara otomatis, sehingga tidak perlu menggunakan driver utilities. Dengan Windows Update saja sudah cukup.

Pada Windows 7 dan Windows 8, driver muncul pada Windows Update sebagai optional update. Jika ingin mendapatkan driver terbaru, pastikan dengan membuka Windows Update, klik check for update, dan install semua yang tersedia untuk update driver.

Karena update driver tersedia di Windows Update, pastinya driver aman digunakan dan diinstall.


Update Driver Grafis

Untuk driver grafis, menggunakan tool di control panel untuk mengecek sebelum melakukan update. NVIDIA, AMD, dan Intel memberikan control panel yang secara otomatis untuk mengecek dan mendownload driver grafis terbaru.

Dengan membuka aplikasi NVIDIA Ge Force Experience, AMD Catalyst Control Center atau Intel Graphics Control Panel dll yang terdapat pada System Tray di Start Menu.


Ini juga berlaku untuk pengguna Windows 10, 8 maupun 7, karena Microsoft tidak menyediakan driver grafis setiap NVIDIA atau AMD merilis versi terbaru. Update ini hanya diperlukan untuk orang yang bermain game.


Menggunakan Website Manufacture

Untuk driver lainnya, pergi ke website manufacture hardware yang digunakan. Jika menggunakan laptop atau desktop built-in, pergi ke website manufacture dan cari driver berdasarkan model laptop atau desktop yang dimiliki. Dari situ terdapat driver untuk laptop dan desktop yang bias didownload.


Ini juga tempat untuk menemukan update firmware BIOS dan UEFI, tapi saya menyarankan untuk tidak menginstall update terbaru dari BIOS dan UEFI.

Jika menggunakan PC rakitan, driver harus di download satu per satu dari setiap web berdasarkan merek hardware yang digunakan. Misalkan saja, pergi ke website motherboard manufacture, cari berdasarkan model motherboard untuk menemukan driver motherboard. Ulangi proses tersebut untuk setiap hardware yang terpasang di komputer rakitan.

Tapi untuk pengguna Windows 10, secara otomatis Windows akan menjaga driver tetap up-to-date. Untuk update driver lainnya, bias dengan memeriksa website manufacture jika ada update.

Sumber : Winpoin

0 komentar:

Posting Komentar

Join Us!

Chat Here!!!

Popular Posts